Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) 2021

 

Pembukaan Kuliah Kerja Nyata Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia Tahun 2021

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) dan wajib diikuti oleh semua mahasiswa program Strata Satu (S1) yang ada di lingkungan Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS). Ketiga aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut dilaksanakan dengan harapan agar kelak para lulusan IAI AL-AZIS dapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan memadai dalam bidang masing-masing, mampu melakukan penelitian, dan bersedia mengabdikan diri demi kemaslahatan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.

Dengan demikian kegiatan KKN menjadi bagian dari wujud kepedulian Perguruan Tinggi untuk melaksakan misinya membantu mengatasi permasalahan umat, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, sosial, maupun bidang lain yang dibutuhkan, terutama dalam kondisi pandemik seperti sekarang ini, dimana akses masyarakat serba terbatas. Oleh sebab itu, dibutuhkan konsep KKN yang kontributif dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).

Kondisi pandemik yang memburuk dalam periode bulan Juni 2021 menuntut panitia untuk melakukan perubahan konsep KKN. Konsep semula KKN dilakukan dengan cara mahasiswa turun langsung ke masyarakat di 7 desa binaan sekitar kampus seperti tahun sebelumnya. Dalam kondisi pandemi yang memburuk dan diberlakukannya PPKM darurat, maka konsep KKN berubah menjadi bentuk KKN yang memungkinkan mahasiswa tetap berada di lokasi domisili masing-masing. Meskipun demikian, dengan perubahan konsep ini, diharapkan makna dan tujuan KKN dapat tetap tercapai.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) memiliki tujuan sebagai berikut:

1.      Mahasiswa peserta KKN memahami persoalan yang ada di masyarakat dan mampu menganalisis serta memberikan sumbangan pemikiran untuk menangani berbagai masalah ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan, dan bidang lainya sebagaimana yang dihadapi masyarakat.

2.      Mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat untuk proses penyesuaian dengan tuntutan pemberdayaan, pembangunan, dan kebutuhan masyarakat.

3.      Menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif pembangunan daerah yang sangat kompleks dan memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk belajar mengatasi permasalahan dengan pendekatan interdisipliner melalui pendekatan teoritis dan praktik.

4.      Membantu pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembanggunan khususnya dalam pemberdayaan masyarakat di daerah tertinggal dan mempersiapkan kader-kader pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

5.      Mengembangkan kerjasama antar disiplin ilmu dan antar lembaga. Melalui KKN diharapkan terjadinya keterikatan dan saling ketergantungan yang lebih erat, baik secara fisik maupun emosional antara perguruan tinggi dengan masyarakat.


Pembekalan KKN secara daring oleh Ustadz Ali Aminullah
Kegiatan mengajar yang dilakukan mahasiswa IAI AL-AZIS ketika KKN

Adapun sasaran Program KKN Tahun Akademik 2020-2021 ini ialah masyarakat yang berada di domisili para mahasiswa peserta KKN dan masyarakat luas karena produk akhir KKN ini berupa karya tulis e-book atau karya elektronik video.

Dalam pelaksanaan KKN yang bertemakan “Kontribusi Mahasiswa IAI AL-AZIS dalam Meningkatkan Resiliensi Masyarakat Menghadapi Pandemi Covid-19”, mahasiswa KKN diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas masyarakat agar mampu bertahan di tengah pandemi. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa telah mengikuti prosedur penyelenggaraan KKN di masa pandemi, yaitu dengan mendapatkan izin dari Gugus Tugas Covid di wilayah setempat. Di samping itu, seluruh mahasiswa diharuskan mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

KKN IAI AL-AZIS ini berupa kegiatan sebagai berikut:

1.      Peserta mendapatkan pelatihan yang diselenggarakan oleh panitia KKN untuk mendapatkan bekal mengenai penelitian masyarakat dan penulisan karya tulis sebagai luaran penelitian.

2.      Peserta melakukan penelitian berupa identifikasi kondisi masyarakat di daerah masing-masing, identifikasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pada masa pandemi COVID-19 antara lain dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, keagamaan, budaya, politik, atau hukum.

3.      Peserta KKN melakukan analisis hasil identifikasi kemudian merencanakan suatu tindak lanjut yang dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

4.      Peserta KKN menuangkan hasil penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan dalam bentuk karya tulis e-book atau karya elektronik video edukasi masyarakat.

5.      Peserta KKN melakukan koordinasi harian bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)..

6.      Peserta KKN melaporkan hasil luarannya kepada panitia melalui Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang ditetapkan.

Kegiatan KKN tahun ini dilaksanakan di domisili mahasiswa masing-masing secara berkelompok dengan jumlah peserta adalah 213 orang. Berdasarkan dari data domisili yang sudah dikumpulkan, peserta KKN dibagi menjadi 24 kelompok dengan jumlah anggota 8-9 orang. Setiap kelompok mendapatkan pembimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Jumlah DPL ada 12 orang. Setiap DPL membimbing 2 kelompok dan minimal 8 kali pertemuan dalam 1 bulan masa pelaksanaan KKN. Adanya pembimbingan dari DPL ini diharapkan dapat membantu mengarahkan, memotivasi serta mengembangkan ide mahasiswa dalam pelaksanakan kegiatan KKN.

Berikut ini data peserta KKN IAI AL-AZIS Tahun Akademik 2020-2021 berdasarkan prodi:

No.

Prodi

R

N

Jumlah

1

Hukum Ekonomi Syariah (HES)

31

32

63

2

Hukum Tata Negara (HTN)

23

11

34

3

Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

18

21

39

4

Manajemen Dakwah (MD)

10

7

17

5

Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

3

18

21

6

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

7

32

39

 

TOTAL

92

121

213

Berikut ini data Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tahun Akademik 2020-2021:

Koordinator DPL:

1.      Dr. Irvan Iswandi, S.E., M.T.

2.      Ahmad Asrof Fitri, S.H.I., M.E.Sy.

Adapun nama-nama dosen pembimbing yaitu:

1.      Dr. Muhammad Nur Kholish Abdurrazaq, S.Si., M.T.

2.      Dr. Alfi Satria, M.T.

3.      Dr. Siti Ngainnur Rohmah, S.Sos.I., M.A.

4.      Wiena Safitri, S,T., M.Kom

5.      Sobirin. S.P., M.Pd.

6.      Anjar Sulistyani, M.Sc.

7.      Abdur Rahim, M.Si.

8.      Dadan Mardani, S.Sos.I., M.A.

9.      Iis Huameroh, S.Pd.I., M.Pd.I.

10.  Moh. Mas’ud Arifin, S.Pd.I.

11.  Ali Aminulloh, S.Ag., M.Pd.I., M.E.

12.  Dewi Utami, S.Pd., M.Pd.

Selain dilaksanakan di domisili mahasiswa masing-masing, setiap kelompok diharuskan membuat luaran (output) dalam bentuk e-book yang langsung dicetak sendiri oleh masing-masing kelompok KKN, serta video ataupun jurnal. E-book, video dan jurnal merupakan karya yang dihasilkan oleh mahasiswa berdasarkan pada hasil identifikasi dan analisis permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam masyarakat ketika menghadapi pandemi Covid-19. Mahasiswa dibimbing untuk bisa berkontribusi dalam menangani wabah dan membumikan ilmu yang telah dipelajari untuk menghadapi segala problematika yang ada.

Sebagai bentuk pertanggung jawaban administratif, setiap anggota dari masing-masing kelompok KKN diwajibkan mengisi laporan harian (Logbook) di Google Form yang sudah disediakan. Setiap kelompok juga diwajibkan membuat laporan kelompok, yang di dalamnya berisi 5 unsur yaitu profil (gambaran lokasi KKN), program kerja, realisasi program kerja, anggaran dana, dan profil peserta KKN. Format laporan dibuat ringkas yang berisi maksimal 10-15 halaman. Laporan kelompok ini yang kemudian dikompilasikan oleh Panitia Pusat Mahasiswa (PPM) menjadi laporan umum. Laporan umum ini merupakan ringkasan segala kegiatan kelompok KKN tahun 2021 dalam bentuk buku.

Jadwal pelaksanaan KKN adalah sebagai berikut:

Tanggal

Kegiatan

20 Juli - 1 Agustus 2021

Tahap Persiapan

1.      Pengurusan perizinan kepada Rektor dan Grand Chancellor

2.      Sosialisasi bentuk KKN kepada peserta KKN

2 Agustus 2021

1.      Pembukaan KKN

2.      Pelaksanaan Pelatihan, Penelitian, dan Pembuatan Luaran Penelitian KKN

3-30 Agustus 2021

Pelaksanaan KKN

1.      Penelitian oleh Mahasiswa

2.      Pembuatan luaran penelitian berupa e-book atau video edukasi

31 Agustus 2021

Penutupan KKN

 

KKN Kelompok F berfoto bersama Kepala Desa Cibinong setelah berpamitan

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Hubungi kami

Alamat:

Gedung H.M. Soeharto, Ma'had Al-Zaytun, Desa Mekarjaya, Kec. Gantar, Indramayu Indonesia 45264

Email:

sekretariat@iai-alzaytun.ac.id

Telepon:

(+62 234) 742815 ext. 2049